Comment Terbaru

Web Host Gratis

Web Hosting

 

Teman yang Online

We have 2 guests online

Pengunjung My Site

amazone

Jenis-jenis DBMS

Written by the-kiel   
Friday, 25 March 2011 01:37

1.    Microsoft Visual Fox Pro
Microsoft Visual Fox Pro adalah salah satu bahasa pemrograman prosedural dan bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft. Software ini dimulai dari     FoxPro (FoxBASE) yang awalnya dikembangkan oleh Fox Technology pada 1984.Fox Technology kemudian bergabung dengan Microsoft pada 1992.Awalnya Foxpro dapat berjalan pada sistem operasi Mac OS, DOS, Windows, dan UNIX (2.6 Version) tapi pada perkembangannya (3.0 Version) hanya mampu berjalan pada Mac OS dan Windows saja, bahkan pada versi-versi berikutnya hanya berjalan pada Windows saja.

2.    PostgresSQL
sebuah object-relational database management system (ORDBMS) yang bersifat open source. PostgreSQL adalah database yang powerful dan tidak kalah dengan database komersil sekelasnya Oracle, Sybase maupun Informix. PostgreSQL yang mendukung standar SQL92 dan SQL99 ini juga mendukung bahasa pemrograman C, C++, Java, Tcl, Perl, Python, PHP, dst.

3.    DB2
Merupakan RDBMS yang memungkinkan user menggunakan perintah-perintah SQL terhadap basis data relasional.

Perkembangan DB2 :
Akhir th. 70-an     : Riset penyusunan teknologi relasional
Th. 80-an     : Produk DB2 untuk VM, VSE, MVS, AS/400, OS/2
Th. 90-an     : Produk DB2 untukAIX, HP-UX, SOLARIS, NT, SINIX

Keunggulan DB2 :
–    Dapat dijalankan pada bermacam-macam platform
–    Menunjang client/server platform, aplikasi multimedia, object oriented
–    Dirancang untuk memperoleh informasi dalam bisnis berskala kecil maupun besar
–    Memiliki alat yang mengizinkan user membuat macam- macam aplikasi untuk mengakses dan bekerja dengan data.

4.    dBase
dBase adalah perkembangan pertama dari pemakaian Sistem Manajemen Database untuk komputer, dipublikasikan oleh Ashton-Tate untuk CP/M dan kemudian untuk Apple II, Mcintosh, UNIX, VMS dan IBM PC. Perkembangan dBAse terlalu lama sehingga nmengakibatkan para saingan mereka seperti Visual Foxpro, Microsoft Acces, berkembang lebih baik kepada para pemakainya.Ashton-Tate dibeli oleh Borlan pada tahun 1991 yang setelah itu produk yang diciptakan bernaung dibawah dBase Inc. Pada tahun 2004, dBase Inc mengubah namanya menjadi dataBased Intelligence, Inc.

5.    DB2
DB2 adalah produk Sistem Manajemen Hubungan Database dari IBM atau sekarang yang populer disebut Data Server yang dimana merupakan Perangkat Lunak Manajemen Informasi. Kebanyakan DB2 disebut juga sebagai DB2 Enterprise Server Edition atau top of the line DB2 DAta Warehouse Edition (DB2 DWE) yang berjalan pada Unix, Windows dan Linux Server.

6.    Microsoft Access
Microsoft Access atau Microsoft Office Access adalah program aplikasi dari Microsoft yang ditujukan untuk kalangan rumahan atau perusahaan kecil menengah. Microsoft Access menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Access Engine. Microsoft mengeluarkan versi terbaru dari Microsoft Access yaitu Microsoft Access 2007.

7.    Ingres
Ingres adalah software Sistem Manajemen Basis Data komersial yang bebas (open source). Ingres pertama kali memulai proyek ristenya di Universitas California, Berkeley. pada awal tahun 70′ an. Sejak pertengahan 1980, Ingres mulai bersaing dengan aplikasi databasekomersial lainnya seperti Sybase, Microsoft SQL Server, NonStop SQL dan lain-lainnya.

8.    Oracle
Oracle adalah salah satu software sistem manajemen basis data relasional yang cukup diminati, dikenal, dan dipakai saat ini. Versi terbaru dari Oracle adalah Oracle 11g.Software ini biasa digunakan untuk pengaksesan data yang dilakukan secara online.

9.    FIREBIRH
Firebird adalah salah satu aplikasi RDBMS (Relational Database Management System) yang bersifat open source. Awalnya adalah perusahaan Borland yang sekitar tahun 2000 mengeluarkan versi beta dari aplikasi database-nya InterBase 6.0 dengan sifat open source. Namun entah kenapa tiba-tiba Borland tidak lagi mengeluarkan versi InterBase secara open source, justru kembali ke pola komersial software. Tapi pada saat yang bersamaan programmer-progammer yang tertarik dengan source code InterBase 6.0 tersebut lalu membuat suatu team untuk mengembangkan source code database ini dan kemudian akhirnya diberinama Firebird.

10.    Sybase

11.    Informix

12.    Access Developer
Access Developer adalah bagian dari MS.Office Developer Edition, dimana dalam installasinya telah menyertakan Tool-tool untuk developer seperti Run time Access, Koneksi dengan Sql Server, koneksi dengan Ms.Exchange, Setup And Deploy Aplikasi dan lain sebagainya. sehingga memberikan kebutuhan yang lebih bagi pengembang untuk berkreasi lebih terutama adanya VBA plug in.

BIsa didownload disini..

 

Share this post

Last Updated ( Friday, 25 March 2011 10:52 )
 

Add comment


Security code
Refresh

free pokerfree poker

Polling The Kiel Site

Apa yang Anda Butuhkan dari The Kiel Site ?
 

Blogger Links